A. TAHAP PERTAMA
1. Konsultasi awal (konsultasi mengenai jasa arsitek). Klien memberikan data-data yang diperlukan email ke lanturdesign67@gmail.com atau Whatsapp ke nomor 082287777600 / 081555700600 berupa:
- Lokasi Lahan.
- Ukuran/dimensi tanah (scan/softcopy Hasil ukur lahan).
- GSB Bangunan (batas-batas lahan yang boleh dibangun)
- Gaya desain atau Style Rumah yang disukai (Classic, Modern, Tropis, Kontemporer, dll)
- Rencana Budget untuk Bangunan
- Rincian Kebutuhan ruang serinci mungkin. Contoh:
1 K. Tidur Utama, 1 K. Mandi Utama, 1 Walk in Closet Utama, 3 K. Tidur Anak, 3 K. Mandi Anak, 3 Walkin Closet Anak, 2 K. Mandi Luar, 1 K. Pembantu, 1 K. Mandi Pembantu, 1 R. Tamu, 2 R. Keluarga, 1 R. Makan, 1 Dapur Kering, 1 Dapur Basah, 1 Gudang, 1 R. Laundry, 1 R. Jemur, 1 R. Belajar, 1 R. Kerja, 1 K. Suci/Mushola, 1 R. Multimedia (Karaoke + Movie), 1 R. Fitnes/Gym, 1 Rooftop, Garasi 4 Mobil, Carport 2 Mobil, Tangga, Teras Depan, Teras Belakang, Balkon Depan, Balkon Belakang, Kolam Renang, Pool deck/Dek Kolam Renang, Kolam Ikan.
Kami merekomendasikan untuk memberikan informasi batasan budget bangunan agar kami tidak membuat desain yang berlebihan atau justru kurang maksimal. Semakin jelas klien memberikan deskripsi, semakin mudah bagi kami untuk memahami keinginan klien.
2. Pengajuan Biaya Desain via Email atau Whatsapp. Kami akan memberikan penawaran berdasarkan perkiraan luasan bangunan yang sekiranya diperlukan berdasarkan keinginan klien. Kami akan mengirimkan pengajuan biaya desain yang di dalamnya mencakup biaya desain, tahapan pembayaran, item atau layanan yang termasuk, dll.
3. Pembayaran Tahap I / DP sebesar 50%. Jika Klien menyetujui penawaran, maka klien akan membayar DP 50% dari total biaya Desain ke rekening atas nama Kami.
4. Start Konsep Denah. Konsultasi lanjutan dimulai (konsultasi mengenai konsep denah) dan pembuatan konsep denah menggunakan software AutoCad. Tahap ini sangatlah penting, denah adalah sebuah konsep yang paling penting dalam suatu desain bangunan karena denah inilah yang akan dijadikan acuan utama untuk membuat 3D dan Gambar Teknis. Khusus pada tahap ini, Revisi denah dipersilakan dan tidak dibatasi. Setelah konsep denah disetujui, selanjutnya adalah pembuatan 3D Model (masuk ke tahap 2).
B. TAHAP KEDUA
Klien melakukan Pembayaran tahap II sebesar 30% dari total biaya desain untuk pembuatan:
1. Gambar Model tiga dimensi (3D) 3D Modeling bangunan menentukan ketinggian bangunan, bentuk bangunan, serta style bangunan.
2. Gambar Render 3D Exterior, dimana klien akan dibuatkan 10 view bangunan untuk mempresentasikan tampilan bangunan dan suasana exterior bangunan.
3. Gambar Render 3D Interior, dimana klien akan dibuatkan 10 view interior untuk mempresentasikan tampilan interior, posisi furniture, dan suasana pencahayaan ruangan.
Model tiga dimensi dan gambar render tiga dimensi sangatlah penting dalam perencanaan tata ruang. Dengan teknologi 3D, Klien yang awam mengenai teknis bangunan pun akan memiliki pemahaman lebih baik terhadap bentuk bangunan baik exterior maupun interior, sehingga dapat menghindarkan salah paham antara Klien, Arsitek, maupun Kontraktor. Pada tahap ini, jika belum cocok dengan bentuk bangunan, Klien pun dapat melakukan revisi, baik revisi denah maupun revisi bentuk bangunan.
3. TAHAP KE-3
Klien melakukan Pembayaran Tahap III / Pelunasan sebesar 20% dari total biaya desain untuk pembuatan:
1. Gambar 3D Render view halus
- Exterior
- Interior
2. Gambar kerja / Gambar Teknis yang diperlukan oleh tim pelaksana/kontraktor/pemborong sebagai acuan dalam proses pembangunan :
- Gambar teknis Arsitektur
- Gambar teknis Struktur (Pondasi, Pembesian dll)
- Gambar teknis MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing).
3. Penyerahan File final yang akan diberikan adalah:
- 1 Jilid Print Out A3 Gambar Teknis/Gambar Kerja.
- 1 CD/DVD dengan softcopy dari semua file yang disepakati.